Merelakan tidak pernah sepaket dengan mengikhlaskan. Kuatlah.

Selasa, 10 Maret 2015

Psikologi yah?



Holla, udah lama rasanya gak nulis. Tapi rasa-rasanya galau bukan lagi jadi trendingnya deh ya. So, kali ini aku mau ngebahas sedikit tentang jurusan yang aku ambil. Yups, psikologi! Kesannya kok belaga baget yah anak kampus swasta yang gak dikenal ini, hahaha. Okeh, untuk kali ini aku mulai dari prospek kerja yang bakalan disediain untuk lulusan S1 psikologi. Karena kata dikata nih, kalo cuman lulusan S1 itu belum bisa disebut psikolog makanya banyak yang pesimis (termasuk yang nulis). Nah, setelah kita ngambil S2 Psikologi lagi baru kita bisa disebut psikolog! Bagiku gak masalah banget sih, selama aku masih have fun buat belajar dijurusan ini, aku jalanin aja dulu apa yang ada. Selain jadi HRD atau personalia, guru BK atau bisa kerja di LSM-LSM partai politik (Oh iya, aku masukin kerjaan ini karena ada kakak kelas yang katanya udah kerja di LSM partai politik meski belum lanjut S2- yang sebenernya emang harus lanjut S2 ke Psikologi Sosial), trainer, dan sebangsanya yang emang rata-rata berkecimpung di jasa lulusan psikologi juga bisa jadi motivator. Sebenernya, soal pekerjaan sih relatif, tergantung passion dan rejeki per-orangan bagiku, tapi emang kalo optimis banyak banget kok peluang buat sarjana psikologi. Semangat! (nepuk pundak sendiri)

Lanjut kesoal psikiaters. Pasti ada banyak banget yang ngira kalo psikiaters itu lulusan jurusan psikologi kan ya? Nah disini, aku klarifikasi ya. Psikiaters itu dokter, lulusan S1 kedokteran yang melanjutkan studi S2nya dengan jurusan ahli jiwa atau kejiwaan. Keliatan banget kan bedanya? Terus, itu kok yang di rumah sakit jiwa juga ada psikolog? Terus di R.S R.S juga ada lulusan psikolog yang kerja , yang kaya dokter loh, itu namanya apa? Itu sih namanya konsultan, kalo bagian ini biasanya lulusan S2 psikologi klinis. Inget loh ya, psikologi itu banyak banget cabangnya. Ada psikologi klinis, ini nih yang biasanya nanganin orang-orang yang stress, depresi, pingin curhat dan lain-lain yang bisa kita temui di R.S dan puskesmas-puskesmas. Psikologi sosial, kebanyakan kerja di LSM-LSM partai politik, anggota DPR dan sebangsanya. Psikologi pendidikan, biasanya jadi guru besar (dosen), konsultan Mendiknas, konsultan DIKTI/Diknas dan guru BK. Psikologi perkembangan, bisa jadi psikologi anak/remaja bahkan lansia, lulusan ini juga bisa buat biro atau gabung ke biro-biro konsultasi. Ada juga Psikologi Forensik, PsikoMatrik, Psikologi Kepribadian, Psikologi Konseling, Psikologi Biologi, Psikologi Abnormal, Psikologi Kognitif, Psikologi Global dan masih banyaaak lagi. 

Psikologi, juga bukan ilmu yang bisa baca fikiran. Tapi kita mempelajari tingkah laku, sesuatu yang lebih real-nyata dan gak bisa asal tebak. Soal di soal apa aja yang dipelajarin sih pastinya banyak banget, karena masih semester 2 yang aku ketahuin aku belajar tentang presepsi, mimpi (tafsir mimpi juga masuk loh ke aliran psikologi) sensasi, kesadaran, belajar, ingatan (memori) system saraf, dasar-dasar biologi manusia, bagian-bagian otak dan fungsinya, perkembangan manusia, dan masih ribuan pelajaran lagi yang aku males ketik. Salah satu pelajaran yang paling aku suka sih psikologi umum (tapi gak tahu kenapa nilai ku B, hiks) aku paling suka tentang kerusakan otak dan bagaimana cara pemulihannya. 
Apalagi kalo dosen udah cerita tentang studi kasus, wuih rasanya didongengin! Bukan dongeng yang bikin ngantuk loh ya, tapi dongeng yang lebih terarah ke penasaran gimana sih akhirnya, kenapa konfliknya bisa sedalam itu? Gimana cara ngatasinnya dan sebagainya. Belum lagi dipelajaran ini aku bisa curcol dan dapet jawabannya dengan cara gratis. Ada yang tau kalo amnesia itu dibagi dua? Ada yang tau kalo orang yang bener-bener lupa segalanya bukan disebut kena amnesia tapi fugue? Ada yang tau kalo lupa itu disebut pembusukan teori dan berguna banget bagi otak kita? Ada yang tau kalo setiap kita mikir ada salah satu bagian sel saraf yang putus tapi ada juga yang nyambung lagi? Di psikologi semua dibahas diawal. Menyenangkan kan? (well, seenggaknya bagi aku itu menyenangkan)

Duh udah banyak banget yah yang aku curhatin? Cukup sampai di sini aja deh, pundakku juga udah sakit banget buat ngetik (curcol-red) sampai bertemu lagi di curhatan berikutnya. Dadah.

Salam Tulis
Annisha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar