Merelakan tidak pernah sepaket dengan mengikhlaskan. Kuatlah.

Sabtu, 19 November 2016

Selera Si Katro #DailyMyBlog



Hari ini gue mau mengawali dengan bikin celengan biar duit gue kekumpul dan bisa bebas sebebas-bebasnya milih buku pada waktunya nanti. Dari dulu gue selalu milih buku mana aja yang semestinya harus di beli. Kadang, ada banyak banget yang gue udah pegang tapi mendadak inget kalo kantong gue nggak cukup tebel buat membawanya kekasir, serta pikiran-pikiran panjang tentang Ibu yang bakal banyak ngomel dan ngeloakkin semuanya buat dituker sama sebuah mangkok cantik, yang kalo gue bisa bilang nggak ada cantik-cantiknya.



Soal genre buku yang suka gue baca, romance adalah urutan pertama. Gue sama kaya kebanyakan perempuan-perempuan masa kini yang menggilai hal-hal konyol dan diberi obralan bernama cinta. Tapi, ntah kenapa gue nggak pernah cocok dengan buku-buku yang memberi begitu banyak quote di setiap lembarnya. Buku hard cover yang biasanya diberi warna merah muda, ungu atau biru nggak pernah menarik minat gue secara berlebih. Jadi kalaupun itu buku di sale dengan potongan 50 pluz 20 persen, gue bakal ngelirik-lirik buku lain yang lebih nge – pas buat dibaca.

Awalnya gue pikir, baca buku yang more than 800 pages pastinya bakalan keren banget. Apalagi kalo pengarangnya macam Harper Lee, Charles Dickens atau George Orwell. Baca buku klasik dunia pasti bikin derajat gue berasa naikkan dikit, muehehe. Tapi nyata memang nyata, otak gue nggak cukup nampung hal-hal berat begitu. Dan untungnya buku-buku berat kaya gitu pas dijual lagi masih banyak yang mau *nyengirkegirangan. 



Dan akhirnya gue memutuskan untuk nggak lagi-lagi baca buku macam kaya gitu. Tadinya gue mau nyoba baca buku-buku macem itu supaya bisa bilang “It's me. Weve not pretty, but I have a brain whose content isn’t merely a matter of putty”. Tapi baca esai aja udah lumayan buat gue kliyeng, apalagi kalo yang nulis bukan “gaya nulis” yang “gue banget”. Mendadak gue jadi malu sendiri. (tutup muka, lari kenceng – red).

Sejauh ini, Hermawan Sulistyo, Sujiwo Tejo dan Seno Gumira yang paling ‘pas’ buat gue baca sih. Pramoedya Ananta? Bagus juga kok. Yah pokoknya, gue memang lebih tertarik deh sama buku-buku Indonesia. Bukan apa-apa, terjemahan itu emang bisa jadi obat tidur di saat stress buat gue. Entah memang penerjemahnya yang kaku atau memang guenya yang oneng. Tapi anehnya, gue suka sama tulisan Windry Ramadhina, Robin atau Bernard. Padahal bahasa yang mereka pake pun juga kaku bener, udah kaya kanebo kering yang di giling-giling dan dijemur di bawah sinar matahari.

Tere Liye sendiri, yang novelnya banyak dicintai justru malah bikin gue mikir dibagian mana supaya gue bisa suka sama cerita yang dia tulis dibukunya. Wajar sih, setiap orang punya selera masing-masing. Gue malah lebih seneng sama postingannya di medsos, kaya macem Boy Candra ngana lho, tapi kalo bukunya di up dulu deh ya?
Bukan karena jelek, buku mereka, buku yang paling keren dan selalu masuk ke list pencarian. Mungkin ada orang yang kaya gue, tapi cuman segelintir, nggak banyak dan biasanya suka banget jadi ‘pura-pura suka’ kalo ada yang excited ngomongin penulis yang mereka suka.

Kadang gue justru lebih suka penulis-penulis yang nggak begitu terkenal, dan bisa dibilang pemula. Selain Christian Simamora atau Esti Kinansih, yang siapapun pasti setuju tulisan mereka keren abezz… nggak ada lagi penulis senior yang bisa bikin gue gregetan pengen ngebaca dan beli bukunya. Entah lagi-lagi gue yang katro dan norak abis, atau memang selera orang beda-beda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar