Merelakan tidak pernah sepaket dengan mengikhlaskan. Kuatlah.

Kamis, 15 Februari 2018

Resep Sambal Matah (Termureeeh)

Rencana mau ngisi blog, cuman nggak tahu apa yang harus di tulis. Alhasil karena tadi siang habis nyoba bikin sambal yang ngebuat aku ketagihan. Maka akan ku share lah resep ini. Langsung aja, daripada banyak cingcong. Ini dia, sambal matah ala ala mureh. Cekidots!





Pertama yang paling kudu, wajib nggak pake sunnah itu cabai. Wong begimana kalau cabainya nggak ada? Yah nggak jadi sambal lah sist!

CABAI

Ambil sesuai selera, bisa lima, enam, sepuluh. Asal jangan sekilo aja, kecuali kalau memang tuh sambal pengen dijual. Kamu bisa memotong samping cabai yang kamu gunakan.


Yang kedua adalah bawang merah. Tanpa bawang merah kamu nggak bisa bikin sambal matah. Gimana kalau diganti bawang putih? Aku menyarankan sih nggak. Karena rasanya pasti akan nyelekit di lidahmu, jadi si bawang merah ini nggak bisa diganti dengan bawang putih ya, meskipun si bawang putih adalah putri yang baik.

Kamu bisa ambil sesuai selera, bisa tiga, empat, atau lima siung. Aku sarankan untuk melihat seberapa besar si bawang. Kalau besar kurasa dua juga cukup, tapi semua tergantung dari berapa banyak sambal yang ingin kamu buat.

BAWANG MERAH

Yang ketiga kamu perlu serai. Ini perlu banget karena si serai ini akan memberi wangi yang menjadi dasar berbeda dari sambal lainnya. Atau istilahnya, ini loh khasnya si sambal matah!
Kamu bisa potong tongkat tipis serainya. Nggak musti banyak banyak. Secukupnya aja. Satu serai pun ku rasa sudah sangat cukup.

SERAI

Yang ke tiga adalah daun jeruk. Kalaupun nggak ada sebenernya nggak masalah sih, tapi akan lebih baik lagi kalau ada. Karena daun jeruk bisa membuat sambal matahmu terasa lebih harum dan nikmat. Kamu bisa potong tipis tipis daun jeruk yang kamu miliki, bisa satu helai atau dua helai. Tak perlu terlalu banyak.

DAUN JERUK

Yang keempat jeruk nipis. Nah diatas sudah ku bilang kan kalau tanpa daun jeruk nggak masalah, karena si jeruk nipis ini harus ada. Dan kurasa cukup bisa menggantikan fungsinya si daun jeruk.
Kamu bisa potong setengah jerukmu. Kemudian peras kedalam potongan bawang, cabai, dan daun jeruk. Bagaimana kalau diganti jeruk limau? Tak masalah. Asal jerukmu harus asam.

JERUK NIPIS

Yang kelima kamu harus memiliki minyak. Bisa minyak kelapa atau minyak sayur biar lebih gampang, asal jangan pakai minyak tanah atau minyak rambut ya!
Kamu bisa masukan satu sendok atau dua sendok teh minyak kedalam bahan bahan yang sudah kamu racik.

MINYAK SAYUR

Bahan yang keenam adalah garam. Ini musti ada, karena garam adalah penyebab si rasa asin, satu rasa yang diproses di dalam otak. Dan rasa ini sangat mempengaruhi rasa yang lain, bahkan kalau kamu mau tahu, cokelat atau gulali yang kamu makan pun pasti dikasih garam. Kalau masakanmu hambar kamu butuh garam lagi, bukan gula atau cabai dan lada agar pedas. Rasa asin kalau di ibaratkan adalah pemicu dari segala rasa. Duh mari kita berterima kasih pada garam!

GARAM

Dan yang terakhir adalah gula. Gula adalah salah satu penyedap rasa, dan membuat masakanmu terasa gurih. Ambil sejumput gula, atau sesuai seleramu.

GULA

Dan sambal matahmu. Telah siap!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar